CARA SETTING BIOS AGAR BOOTING DARI DVD/CD ROM


Kali ini kami akan berbagi sedikit ilmu yang admin dapatkan dari googling (agak copas dikit ☻). Posting kali ini akan membahas tentang Cara Setting BIOS Agar Bisa Booting dari DVD atau CD ROM. Bagi sobat-sobat yang pengen install komputer baru, ato pengen inul (install ulang gan, ☻) komputernya, hal pertama yang diperlukan yaitu BELI CAMILAN mengatur BIOS agar Booting dari DVD / CD ROM. Kebanyakan orang masih bingung bagaimana caranya. Nah bagi sobat-sobat yang kebingungan, silahkan ikuti tutorial berikut.

Berikut Cara Setting BIOS agar booting dari DVD/CD ROM, berdasarkan merek BIOS-nya.
1. AMI BIOS

 Untuk masuk kedalam BIOS settingnya, sobat tekan tombol DEL (kalo perlu secara terus menerus setelah menghidupkan komputer), sebelum masuk OS. Setelah itu anda akan masuk ke AMI BIOS SETTING.
Selanjutnya, pilih Advanced BIOS Features > Boot Sequence, di menu 1st....... , pada baris pertama tekan ENTER dan pilih CD drive atau DVD drive (jika sudah dimasukkan maka akan kedetek sendiri). Kemudian tekan F10 >  ENTER.
Untuk cara cepatnya, setelah menghidupkan komputer, tekan tombol F8, kemudian pilih CD atau DVD.

2. Phoenix
Untuk masuk ke BIOSnya si Phonix, sama dengan AMI BIOS, sobat tekan tombolDEL. Kemudian akan muncul BIOS setting seperti berikut.

Pergi ke menu Boot dengan tombol panah kanan.
Setelah itu akan ada beberapa daftar. Buat DVD atau CD drive di bagian paling atas dengan menggunakan tombol "+" atau "-". Tekan F10 > ENTER.


3. Award BIOS
 Tekan tombol DEL. Maka sobat akan disuguhkan tampilan sebagai berikut.

 Pergi ke Advanced BIOS Features, kemudian cari tulisan First Boot Device > ENTER.

 Jika sudah, cari tulisan DVD atau CD drive, pindahkan ke paling atas dengan menggunakan tombol "+"atau "-".
Tekan F10 > ENTER.

4. DTK BIOS : Tekan tombol ESC
5. IBM PS/2 BIOS : Tekan tombol kombinasi Ctrl +Alt + Insert setelah menekan tombol Ctrl + Alt + Delete. 

Itu saja yang baru saya tau, moga-moga bisa bantu sobat yang lagi kesusahan mengatur FirstBoot untuk DVD atau CD. Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar: